Kamis, 18 Juli 2013

Ramadhan 1434 H - Day 9

Buka puasa hari ini pake menu spesial ta'jilnya. Aku sempat masak es bul-bul, walau hanya nanas saja isinya. Maklum, pepaya dan bengkuang sulit didapat, dan labu siam mahal harganya. Kebetulan lagi musim nanas disini karena memang kita sedang di puncaknya musim panas di Eropa. Jadi banyak sekali nanas impor dapat ditemukan di supermarket. Berikut kutuliskan langkah-langkah membuatnya.


Cara membuat es bul-bul Nanas

1. Mengupas nanas


Setelah menunggu nanas yang kubeli di supermarket matang selama sekitar 1 minggu, akhirnya kukupas juga si nanas. Memang mengupas nanas cukup sulit. Tapi, berbekal pengetahuan yang didapat dari seringnya jalan-jalan di pasar untuk nemenin bunda belanja bahan makanan (apalagi saat bulan Ramadhan dan menjelang lebaran), berhasil juga kukupas sang nanas. 


2. Merebus potongan nanas + gula pasir + kayu manis


Setelah nanas dikupas, kemudian dipotong-potong menjadi potongan kecil. Setelah itu potongan nanas direbus bersama dengan gula pasir dan kayu manis. Kayu manis ini yang membuat wangi es bul-bul asoy banget. Pokoknya, gak sah kalau gak ada kayu manis. Rebus nanas selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. 



3. Sajikan saat dingin


Setelah direbus, tiriskan nanas. Tunggu sampai menjadi dingin, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Atau, kalau sudah gak sabar untuk menyantap sang es bul-bul, boleh langsung campur es batu. Duh, segarnya. Apalagi di udara panas begini :)





Aaah, membuat es bul-bul nanas sendiri, rupanya bisa mengobati sedikit rasa kangenku terhadap rumah. Juga rasa kangen terhadap es bul-bul buatan bunda. Hmm, mudah-mudahan puasa tahun depan bisa menikmati es bul-bul khas bundaku. Amien. 

Begini warna-warninya es bul-bul khas bundaku.
Selain nanas, pepaya, labu siam dan bengkuang juga mewarnai es bul-bul mantap ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar