Rabu, 06 Agustus 2014

Memaknai Lebaran di Indonesia

Hari raya Idul Fitri atau yang akrab disebut dengan Hari Lebaran adalah hari perayaan umat Islam setelah 1 bulan berpuasa lamanya. Di Indonesia sendiri, hari ini dirayakan secara besar-besaran. Pasalnya, agama Islam memang agama mayoritas disini.

Lebih dari pemaknaan secara spiritual dan agamis oleh umat Islam, hari raya lebaran dimaknakan sebagai ajang "family time" untuk seluruh umat. Maklum lah, di hari raya lebaran ini hampir semua karyawan/ karyawati memiliki rentang waktu libur dan/ atau cuti yang panjang, yang rata-rata sekitar 1 sampai 2 minggu lamanya. Hal ini tidak terbatas untuk umat Islam saja, lho. Semua kalangan, muda, tua, anak-anak, memiliki waktu libur lebaran. Masa-masa ini sangat mirip dengan "golden week" di Jepang sana, atau "lente/ herfst vacantie" di Belanda.

Hal ini menyebabkan kemacetan dimana-mana, terutama di daerah-daerah wisata. Disamping masa-masa macet kala musim arus mudik dan arus balik lebaran, Indonesia diwarnai kepadatan wisatawan lokal di tempat-tempat wisata, terutama wisata keluarga.

Aku menulis ini, bukan untuk berkeluh-kesah tentang kemacetan yang terjadi di kala musim libur lebaran. Dalam tulisan ini, aku ingin menyorot tentang waktu untuk orang berkumpul dengan keluarga, atau sekedar berlibur bersama di hari libur yang panjang ini. Macet hanyalah efek samping dari libur lebaran saja.

Sekarang lebaran telah usai. Kurasa, pasti banyak orang malas beranjak untuk beraktifitas normal lagi. Ini pun yang kurasakan. Lain halnya kala aku masih tinggal di Belanda. Disana, lebaran tak berasa ada libur lebarannya. Di hari lebaran pun, terkadang aku masih harus pergi ke kantor/ kampus seusai solat Ied. Semoga kita-kita semua yang berlibur lebaran di tanah air, muslim/ non-muslim, tua/ muda, laki/ perempuan, sudah bisa bersabar meninggalkan liburan lebaran kita dan memulai kegiatan rutin non-liburan kita semua. Amien.

Lebaran juga diidentikkan dengan rasa kehilangan. Kehilangan kala berlebaran tanpa orang-tua atau sanak-saudara. Tetapi lebaran adalah momen tahunan yang akan selalu dirindukan. Kalau kita bersilaturahmi dan menikmati liburan panjang.

Selamat Idul Fitri 1435 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Salam,
Mira & Keluarga.

GIVEAWAY RAMADHAN MASIH DIBUKA, LHO!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar