Kamis, 02 Januari 2014

Hari pertama di tahun yang baru -- 2014

Semalam, ramai sekali riuh suara petasan dan kembang api di dekat rumahku. Dari sejak jam 12 siang sampai jam 1 pagi, tetangga-tetanggaku tak henti-hentinya bermain mesiu. Memang benar, di kala perang pesta kembang api terjadi tepat di jam 00.00, aku sempat mencoba keluar rumah. Wangi mesiu petasan langsung menyengat hidungku. Bunyinya pun tak kalah heboh, 'dar der dor' dimana-mana. Mungkin, beginilah suasana perang di Syria sana. Itu yang terpikir olehku.

Gambar kembang api yang terlihat dari jendela rumahku. 

Tak banyak yang kukerjakan di malam tahun baru kali ini. Sama seperti 2 malam tahun baru sebelumnya, aku hanya leyeh-leyeh di rumah saja. Untuk kali ini, aku menyempatkan cuci-cuci piring dan menyelesaikan proyekku, merajut selimut. Aku juga menyempatkan diri menonton beberapa film 'Marvel'. Tiga judul film kutonton, 'Man of Steel', 'Iron Man 3', dan 'The Avengers'. Memang, sampai semalam, aku belum pernah menonton film-film itu. Aku suka kesemua film-film itu, semuanya sangat menyenangkan untuk ditonton.

Hari pertama di tahun 2014 ini kuisi dengan, lagi-lagi, hal rutin yang kulakukan sehari-hari. Bangun pagi, langsung online, masak bala-bala, kemudian nangkring di ruang keluarga, merajut sambil menonton TV. Seorang diri saja diriku sehari-semalam ini. Semua kawan kosan (housemates) punya acara masing-masing di malam tahun baru. Aku sih, malas ikut keramaian tahun baru. Ingin sendiri rasanya. Perasaan sama yang kurasakan kala ulang tahunku tiba belakangan ini. Perasaan malas merayakan.

Ini dia bubur ayam masakanku.
Tapi ada yang spesial di 1 Januari 2014 ini. Sore hari, aku mengayuh sepeda menuju studentenkerk, tempat beribadah untuk para pelajar Nijmegen. Ada gereja, mushola, sampai tempat meditasi disana. Aku kesana bukan untuk beribadah. Aku kesana untuk berpartisipasi dalam acara 'Meet and Eat', acara berkumpul, memasak, dan makan-makan bersama para pelajar internasional. Kali ini, para pelajar Indonesia berkesempatan menjadi host. Kami memasak bala-bala untuk appetizer, bubur ayam untuk main course dan pisang-keju-cokelat untuk dessert. Sekali lagi, kami para pelajar Indonesia sukses dalam memasak di ajang Meet and Eat ini, setelah sebelumnya sukses kala menyuguhkan nasi kuning dan tumpeng serta es-campur.




Yah, malam tahun baru adalah hari dimana kita menganti kalender, dari yang lama ke yang baru. Aku tak pernah ingin menghakimi orang yang ingin merayakannya. Aku pun terkadang merayakannya, dengan teman atau keluarga. Tak juga aku ingin menghakimi orang yang membuat 'resolusi tahun baru'. Tak pernah aku membuatnya. Bagiku itu terlalu klise. Walau aku tak merayakan tahun baru secara meriah, aku tetap menghormati orang-orang yang sangat bergairah merayakannya.

Selamat tahun baru 2014! Selamat mengganti kalender anda :D

6 komentar:

  1. Hiiii selamat tahun baru, semoga sehat selalu :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trim's Memez, selamat tahun baru untukmu juga!

      Hapus
  2. Ngomong-ngomong tahun baru, tahun baru sekarang juga enggak spesial buat aku. Tahun kemarin masih ditemenin pacar, tahun sekarang udah jomblo. Mantan udah move on duluan, aku masih asik sendiri. Yah, ngomongin tahun baru doang bisa bikin galau. Aku lelaki lemah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya :D
      Gak apa2 jomblo.. berusaha buat bahagia saja :)

      Hapus
  3. Ditinggal Makcik pulang ke Bochum yah :p

    BalasHapus